Laptop Terkena Air? Langsung Ikuti Trik Ini!

Jangan panik ! ketika laptop terkena air, segera lakukan cara - cara ini. Laptop yang tekena air bisa menjadi masalah yang fatal bagi laptop. 

Karena sifat air yang mampu menghantarkan listrik, dapat mengakibatkan laptop kamu mati total. 

Penyebab laptop terkena air pun sangat beragam, yang sering ditemukan adalah terkena tumpahan air minuman.

Tentu hal ini harus menjadi perhatian lebih ketika hendak menggunakan laptop. Pastikan terlebih dahulu, area kerja kamu terhindar dari hal - hal yang mengandung air. 

Agar laptop tidak mengalami kerusakan yang fatal, sebaiknya lakukan beberapa cara dibawah ini.

Cara Mengatasi Laptop Terkena Air 

Laptop terkena air bisa terjadi pada siapa saja, apalagi jika sering membawa laptop ke luar ruangan. 

Meskipun terkadang terkesan sepele, namun dampak yang ditimbulkan dari kerusakan pada laptop akibat terkena air bisa sangat besar. 

Bagi sebagian orang, hal ini bisa menjadi momok yang sangat menakutkan.

Mengapa harus mengikuti tutorial ini hingga akhir? Karena tutorial ini bisa memberikan solusi bagi kamu yang mengalami masalah serupa. 

Dalam tutorial ini, akan dijelaskan secara detail mengenai cara memperbaiki laptop yang terkena air dengan langkah-langkah yang mudah diikuti.Langsung Matikan Laptop

Ketika laptop terkena air, langsung matikan laptop tersebut. Karena air bisa masuk ke dalam sela - sela komponen laptop dan bisa menimbulkan konslet. 

Agar hal itu tidak terjadi, segera matikan laptop dan balikkan laptop dengan posisi 90 derajat.

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format (TERLENGKAP)

Laptop Tidak Boleh Dicharge

Jangan coba - coba mencolokkan charger ketika laptop masih terkena air di dalamnya. Hal ini bisa mengakibatkan konslet apabila kabel charge masih terhubung.

Bongkar Casing Laptop

Langkah selanjutnya adalah membongkar casing laptop. Hal ini bertujuan agar air yang didalam laptop bisa lebih cepat kering.

Jemur Baterai Laptop

Silahkan jemur bateri laptop yang terkena air, namun pastikan saat menjemur baterai laptopnya tidak langsung terkena sinar matahari. Kamu bisa menggunakan lap kering untuk mengeringkan baterai laptopnya.

Baca Juga : 9 Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang

Lepas Keyboard Laptop

Jika air tersebut mengenai keyboard, segera lepas komponen keyboard dan jemur di tempat yang tidak terlalu panas. 

Pastikan saat menjemur komponen keyboardnya dalam posisi terbalik. Pastikan juga bagian sela - sela keyboard harus kering.

Bongkar Komponen Yang Terkena Air

Apabila laptop terendam air, kamu perlu membongkar seluruh komponen laptop. Bongkar komponen pada keyboard dan motherboardnya. 

Pastikan komponen penting seperti processor, RAM, Harddisk dan komponen lainnya harus kering agar terhindar dari korosi.

Diamkan Hingga Laptop Benar-Benar Kering

Jangan dinyalakan terlebih dahulu, pastikan laptop dan komponen lainnya dalam keadaan benar - benar kering.

Baca Juga : 5 Cara Cek Spesifikasi PC dan Laptop Windows Termudah [+GAMBAR]

Pasang Kembali Komponen Laptopnya

Jika dirasa sudah benar - benar kering, silahkan pasang kembali komponen laptopnya dengan benar. Jangan sampai ada komponen yang tertinggal agar laptop bisa dihidupkan kembali.

Silahkan charge laptopnya terlebih dahulu, jangan langsung dinyalakan.  Jika tercium bau hangus atau terbakar, segera lepas kembali chargenya.

Pergi ke Tukang Service Komputer

Opsi terbaik adalah memperbaiki laptop tersebut ke tukang service. Namun harus dilakukan secepat mungkin, jangan ditunda - tunda agar air yang ada pada laptop tidak mengalir ke komponen lain.

Baca Juga : 3 Cara Mempercepat Kinerja Laptop/Komputer Dengan CMD

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa laptop terkena air bukanlah masalah yang kecil. 

Kerusakan pada laptop akibat terkena air bisa sangat besar dan membutuhkan perbaikan yang mahal. 

Namun, dengan mengikuti tutorial ini hingga akhir, kamu bisa memperbaiki laptop yang terkena air dengan langkah-langkah yang mudah diikuti.

Tutorial ini tidak hanya memberikan solusi untuk memperbaiki laptop yang terkena air, tetapi juga memberikan beberapa tips dan trik untuk mencegah kerusakan pada laptop akibat air di masa depan. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengikuti tutorial ini sampai akhir agar kamu bisa mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat.

Dalam tutorial ini, kamu akan diajarkan langkah-langkah yang harus dilakukan setelah laptop terkena air dan cara mencegah laptop terkena air di masa depan. 

Dengan begitu, kamu bisa lebih siap dan siaga jika suatu saat laptop terkena air.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url